Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Past vs Present Perfect vs Present Perfect Continuous

Past vs Present Perfect vs Present Perfect Continuous
Past dan Present Perfect sebenarnya merujuk pada sebuah kegiatan/kejadian yang sama. Keduanya merujuk pada kegiatan di masa lalu.

Bedanya:
Past: umumnya memiliki keterangan waktu yang jelas.

Present Perfect: tidak memiliki keterangan waktu yang jelas.
Yang menjadi titik poin pada Present Perfect adalah kegiatan yang dilakukan sudah selesai dan memiliki hubungan dengan masa sekarang.

Contoh A:
🤴 Hi Anna. Let's go out for lunch.
👸 I am sorry, Mike. I am full. I have just eaten.
🤴 Have you? When did you eate?
👸 Five minutes ago.

🤴 Hai Anna. Ayo keluar cari makan siang.
👸 Maaf, Mike. Saya kenyang. Saya barusan makan.
🤴 Benarkah? Kapan kamu makan?
👸 Lima menit yang lalu.

Keterangan:
Huruf miring: Present Perfect
Huruf tebal: Past

Contoh B:
🤵 Dian, have you done your task?
👰 No, I have not.
🤵 Why haven't you done it?
👰 I was busy. I helped my mother cooking.

🤵 Dian, kamu sudah menyelesaikan tugasmu?
👰 Belum.
🤵 Mengapa kamu belum menyelesaikannya?
👰 Saya sibuk. Saya membantu ibuku masak.


Present Perfect Continuous
Digunakan untuk menggambarkan kejadian yang sudah mulai dilakukan di masa lalu, sampai sekarang masih dilakukan.

Contoh C:
👮 Hi Della. I called you last night, but you didn't pick up my phone.
👩‍✈️ Ow, I am sorry. I was out last night.
👮 Really?
👩‍✈️ Yes, I was out with my father. We bought a magazine, but the store was closed.
👮 What magazine?
👩‍✈️ Sport magazine. My father has been looking for it, but he hasn't got it.

👮 Hi Della. Saya menghubungimu semalam, tapi kamu tidak mengangkatnya.
👩‍✈️ Ow, maaf. Saya keluar tadi malam. 
👮 Benarkah?
👩‍✈️ Ya, saya keluar dengan ayah saya. Kami membeli majalah, tapi tokonya tutup.
👮 Majalah apa?
👩‍✈️ Majalah olahraga. Ayahku telah lama mencarinya, tapi (sampai sekarang) ayah belum mendapatkannya.

Keterangan:
Huruf miring: Present Perfect
Huruf tebal: Past
Huruf miring tebal: Present Perfect Continuous

Rumus:


Past
Subyek + Verb Past (Verb 2)

Present Perfect
Subyek + Have/Has + Verb Past Participle (Verb 3)

Present Perfect Continuous
Subyek + Have/Has + Been + V ing

Happy Learning
Artikel Terkait

Posting Komentar

0 Komentar