Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Conditional Sentence

Hallo pleeend...

💐 Tahu Conditional Sentence? Dalam bahasa Indonesia, artinya kurang lebihnya kalimat pengandaian bersyarat.

Lah??? Maksudnya? Yups, maksudnya adalah sebuah kegiatan akan terjadi jika syarat terpenuhi.

Misalnya:
🌿 Aku akan membeli mobil jika aku naik gaji.
🌿 Jika Rendy belajar dengan rajin, dia akan semakin pandai.

Nah, seperti itu kalimat bersyarat itu. Perhatikan, ada kata *jika*. Itu digunakan untuk pengandaian (berandai andai) sekaligus untuk syarat.

Lantas bagaimana penggunaannya dalam bahasa Inggris? Dalam bahasa Inggris, ada 3 bentuk dasar yang dipelajari. Sebagian menyatakan ada 4. Ups, jangan bingung dulu ya, teman teman. Pelan pelan saja.

Tarik nafas...., hembuskan....
🤗🤗🤗

Yups, kita mulai.
🌺 Conditional Sentence:
🍀 Tipe 1
🍀 Tipe 2
🍀 Tipe 3

Conditional Sentence Tipe 1.

🔖 Tipe 1 digunakan untuk berandai-andai di masa depan.
🌻 Rumus
🍀 If Present, Future.
🌺 If Renata has a car, she will take me to Bali.
🌺 Renata will take me to Bali if she has a car.

Contoh di atas penjelasannya seperti ini:

🌺 Jika Renata mempunyai mobil (suatu saat nanti), dia akan mengantarku ke Bali.
🌺 Renata akan mengantarku ke Bali jika dia punya mobil (suatu saat nanti).

💐 Conditional Sentence Tipe 2 💐

Conditional Sentence Tipe 2.

🔖 Tipe 2 digunakan untuk berandai-andai di masa sekarang. Maksudnya adalah, berandai andai sesuatu yang mustahil atau bertentangan dengan kondisi sekarang.

Misalnya: 
💐 Jika aku punya sayap, aku akan mengunjungimu tiap hari. (tidak mungkin manusia punya sayap).
Materi menarik lainnya :
Grammar
Idiom
Tenses

💐 Jika aku punya uang saat ini, aku akan membeli kue. (maksudnya berarti pembicara sekarang ini tidak punya uang).

🌻 Rumus
🍀 If Past, would + verb infinitive
🌺 If Tommy WERE a student, he would study harder.
🌺 Tina would buy us food if she had money now.

Contoh di atas penjelasannya seperti ini:
🌺 Jika Tommy seorang siswa, dia akan belajar lebih giat. (faktanya saat ini dia bukan siswa).
🌺 Tina akan membelikan kita makanan jika dia punya uang. (faktanya saat ini dia tidak punya uang).

Conditional Sentence Tipe 3

Nah, akhirnya sampai juga part 03 materi kali ini. 

Tipe 3.
🔖 Tipe 3 digunakan untuk berandai-andai di masa lalu. Maksudnya adalah, berandai andai sesuatu di masa lalu.

💐 Misalnya: kemarin kita diundang ke ultah teman. Kita gak bisa datang. Nah, saat ini kita lagi ngobrol dengan orang yang ngundang kita.


💐 Maaf ya, saya kemarin gak bisa datang. Andai saya punya waktu, saya akan datang.
💐 I am really sorry that I could not come yesterday. If I had had time, I would have come.

🌻 Rumus
🍀 If Past Perfect, would + have + verb 3
🌺 Tommy would have given me money if he had met me yesterday.
🌺 If Tommy had met me yesterday, he would have given me money.

Maknanya adalah kemarin aku kemarin gak ketemu Tommy, jadinya aku gak dikasih uang.

Nah, untuk sementara berhubungan jari udah gemetaran lagi, artinya sudah selesai ya. Maklumlah, sudah jam makan siang. Eh, makan nasi.
😁😁😁

Yups, pada akhirnya selamat belajar...
🌻🌻🌻 Happy Learning 🌻🌻🌻
Artikel Terkait

Posting Komentar

0 Komentar