Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Idiom: Out of The Blue

Kalian pasti tahu Adele kan? Yups, penyanyi dengan suara indah ini memang mantap. Banyak lagu lagunya (bertema cinta dan patah hati) yang hits. Sebagaimana jatuh cinta yang kata orang berjuta rasanya, tak jauh berbeda juga dengan patah hati. Rasanya juga berjuta banyaknya hingga kadang tak mampu tersampaikan oleh kata-kata.

Di salah satu lagunya yang populer dan dirilis tahun 2011, Someone Like You, terdapat lirik seperti ini:

I hate to turn up out of the blue, uninvited.

But I couldn't stay away, I couldn't fight it.
I had hoped you'd see my face.
And that you'd be reminded that for me, it isn't over.
Never mind, I'll find someone like you.

Nah, coba pehatikan phrase bercetak tebal di lirik tersebut. Phrase tersebut adalah sebuah idiom. Nah, idiom tersebut akan kita pelajari di materi ini. (Lebih jelas tentang ini ada di bawah ya...).

Sumber: https://republika.co.id/berita

Sekarang kita coba kupas makna dari idiom Out of The Blue di lagu tersebut. 

Idiom out of the blue dalam lagu tersebut maknanya sungguh sangat tidak terduga, laksana kilat berkelebat di langit yang cerah. Kalau di bahasa Indonesia, kita sering mendengar istilah bagaikan petir di siang bolong. Nah, kurang lebih seperti itu maknanya. Loh, kok bisa demikian? Iya, demikian.

Ragam frasa out of the blue di sini maknanya sangat mengejutkan bagaikan kilatan petir dan hantaman guntur dari langit biru yang cerah.

Terus, kenapa kok gak out of red, atau out of yellow atau kumpulan warna lainnya? Karena blue menggambarkan langit. Bagi sebagian besar manusia langit adalah area yang belum bisa kita jelajahi dan ketahui. Jadi out of the blue bisa menggambarkan juga hujan badai yang bisa datang tiba-tiba tanpa aba-aba.

Nah, semoga sampai sini dapat dipahami. Lanjut ke berikutnya, yaitu perbedaan antara idiom vs phrase.

Idiom menurut Cambridge Dictionary maknanya adalah: sekumpulan kata kata dalam urutan yang tetap yang mempunyai makna tertentu yang BERBEDA dari tiap kata yang dikandungnya. Contoh kalau di Indonesia misalnya meja hijau. Nah, kita pasti berpikiran bahwa meja hijau adalah pengadilan, bukan? Seperti itulah idiom.

Lantas apa itu phrase? Phrase menurut Cambridge Dictionary adalah: sekumpulan kata kata yang mempunyai makna yang merupakan bagian dari sebuath kalimat. Contohnya: Baju kuning itu milik adikku.



Lebih jauh kita coba lainnya di bawah ini:

  1. 1. Penjahat itu diadili di meja hijau.
  2. 2. Meja hijau itu rusak karena tertimpa pohon.

Kedua kalimat di atas penjabarannya seperti ini, kalimat pertama adalah idiom karena ia memiliki makna BERBEDA dari kata tersebut, sedangkan pada kalimat kedua adalah phrase karena merupakan kumpulan kata kata yang memiliki makna dan merupakan bagian dari kalimat.

Okey, sekian dulu ya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel Terkait

Posting Komentar

0 Komentar